Senin, 20 Februari 2012

“FLANEL DENGAN TEKNIK QUILLING”

Assalamu’alaikum
Untuk para sahabat Crafter n penikmat Craft

FELT / FLANEL

Perkenalkan hasil karya saya Arif Tirta bertempat di Kota Malang, saya ingin bergabung dengan para sahabat untuk membuat prakarya atau kreasi atau Handmade dari kain Flanel, beberapa kreasi sudah terwujud tetapi ada 1 yang belum terwujud yaitu berbagi kepada para sahabat semua, apalagi kalau tidak dengan cara membuat berbagi, saya memberi judul “FLANEL DENGAN TEKNIK QUILLING” dan semoga dapat membawa manfaat. Pada umumnya flanel dikerjakan dengan cara dijahit atau dengan digabung menggunakan tusuk feston atau jenis tusuk yang lainnya, yang jelas saya perlu belajar lagi, kemudian diisi dengan dakron.

Saya berfikir lain “Bagaimana caranya semua orang yang tertarik untuk membuat Flanel bisa dan dapat menghasilkan karya”, akhirnya muncul ide yang sederhana tapi menjadi unik dan mudah untuk dibuat semua kalangan, baik yang pemula ataupun yang sudah mahir. Hanya dengan teknik dasar menggulung dapat menghasilkan berbagai bentuk yang menarik.

Ini beberapa contohnya :

Dari bawah keatas :
  1. Minrose kuning : dikerjakan dengan menggunakan teknik gulung lipat, awalnya membutuhkan kesabaran di karenakan saat merekatkan butuh ketepatan dalam memosisikan gulungan.
  2. Minrose orange : proses sama dengan point 1
  3. Sunflower : pembuatan diameter tengah cukup dengan digulung, kemudian memberikan tirisan sedikit diagonal pada bagian bawahnya, supaya saat menggabungkan mahkota bunga dengan diameter tengah bunga terlihat seperti bunga sebenarnya. Pengerjaan mahkota bunga cukup dengan digunting sesuai dengan pola yang di inginkan.
  4. Ringrose hijau md + orange : pengerjaan pada bunga ini sangatlah sederhana, cukup dengan di gulung kemudian menyatukan masing-masing bagian. Bagian tengah bunga pada saat  menggulung digabung dengan 2 warna yang tersedia.
  5. Rose merah : cara pembuatannya sama dengan point 1 dan 2, hanya saja saat pemotongan bahan lebar bahan lebih besar, sehingga dapat menghasilkan bunga mawar yang merekah dengan sempurna.
  6. Ciprose kuning : teknik pengerjaan pada bagian mahkota bunga yaitu dengan cara tetes air, sedangkan pada bagian tengah dikerjakan seperti umumnya.
  7. Lovi hijau : penggabungan 2 warna pada bagian kanan dikerjakan terlebih dahulu, kemudian gulungan bagian kiri menyusul. Setelah kedua bagian jadi baru digabungkan dengan tidak lupa memberikan sentuhan terakhir pada bagian ujung Lovi.
Salam Crafter :)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar